♫ Just about New Info That I Found ♪: Pentingnya Melakukan Pengujian atau Testing Sistem Informasi Terutama Dari Sudut Pandang Customer

Sunday, April 17, 2016

Pentingnya Melakukan Pengujian atau Testing Sistem Informasi Terutama Dari Sudut Pandang Customer

Share it Please
ehemmm!!
kali ini kita akan membahas mengenai Why Testing atau mengapa harus melakukan testing ini.
Secara singkat alasan dilakukannya testing ialah:
  • Kita mungkin tidak dapat cukup berkonsentrasi untuk menghindari kesalahan 
  • Kita kadang-kadang lupa menggunakan pemrograman terstruktur secara penuh,
  • Kita kadang buruk dalam mengerjakan sesuatu 
  • Kita seharusnya dapat membedakan apa yg dikatakan programmer lain atau pelanggan dan apa yg sebenarnya mereka pikirkan
  • Kita seharusnya merasa bersalah apabila seseorang harus menguji koding kita 
  • Pengujian merupakan suatu perizinan terhadap kesalahan 
  • Manusia adalah sarang kesalahan

dari tujuan testing diatas ini kami mendapatkan tugas kelompok yang terdiri dari 4 orang untuk menganalisa mengapa perlu dilakukan testing dari sisi customer dan di berikan gambar seperti ini:



dari gambar tersebut kami ditugaskan untuk mengambil kesimpulan mengapa perlu dilakukan testing dari sudut pandang customer. tiap kelompok mendapatkan tudas ini tapi dari sudut pandang yang berbeda seperti kelompok A sudut pandang project leader, B system Analyst seperti yang tertera pada gambar.
dan menurut kami perlunya diadakan pengujianterhadap sistem informasi dari sudut pandang customer ialah:
Pada saat melakukan pengujian sistem informasi yang dipesan oleh customer maka akan diketahui apakah sistem informasi tersebut telah sesuai dengan pesanan customer atau tidak. Karena bisa saja pada saat customer menjelaskan kepada designer atau pembuat program bagaimana yang diingin untuk membangun sistem tersebut dan penangkapan penjelasan dari customer ke designer bisa berbeda. Hal ini dapat terjadi karena adanya perbedaan sudut pandang pemikiran masing-masing. Berikut ada ilustrasi yang membuktikan bahwa persepsi setiap orang berbeda-beda dan pengertian mengenai penjelasannya juga berbeda apalagi misalnya customer telah memesan kepada designer dan designer setelah mendesign akan memesan kepada pembangun sistem nah pada saat seperti itu mungkin saja pemikirannya akan semakin rancu dan makin jauh dari pesanan customer sebenarnya.
Selain itu, Biasanya customer tidak memiliki petunjuk apa yang benar – benar dia butuhkan untuk membangun sebuah sistem, maka customer akan berpikir dia tidak perlu memikirkan hal tersebut, tetapi sering kali costumer juga berpikir adanya fitur tambahan dalam sistem yang tidak akan pernah digunakan oleh customer, yang mana mereka selalu memikirkan hal tersebut lebih awal dikarenakan mereka takut tidak dapat ditambahkan fitur tersebut dikemudian hari setelah sistem tersebut telah didesign atau dibangun.
Kadang kala customer juga suka sekali menjelaskan dengan kata-kata yang sulit sehingga tidak mampu mengekspresikan apa yang sebenarnya diinginkan, hal ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat designer atau pembuat program  akan salah menganggap pesanan customernya.
Dengan adanya pengujian inilah, kita dapat memastikan lagi setelah dibuat sistem tersebut apakah sesuai dengan yang customer harapkan apakah sangat beda atau menghampiri, sehingga apabila ada kesalahan-kesalahan dapat direvisi sampai sistem tersebut benar-benar sesuai dengan pesanan customer dan juga dapat berfungsi dengan baik. Apabila telah berfungsi dengan baik dan sesuai dengan pesanan customer maka sistem tersebut layak dipakai atau dioperasikan.

Demikianlah pembahasan saya kali ini mengenai Pentingnya Melakukan Pengujian atau Testing Sistem Informasi Terutama Dari Sudut Pandang Customer.


No comments:

Post a Comment